Tugas TIK Microsoft Excel Dan Pembahasannya

22 Nov

1. Sebut dan jelaskan langkah-langkah untuk mengaktifkan Microsoft Excel melalui menu start dan ikon short cut pada desktop !
→ Klik di Start taskbar untuk menampilkan menu Start. Arahkan mouse ke Program. Arahkan mouse ke Excel atau Microsoft, dan kemudian Excel.

→ Program ini akan dimulai dan lembar kerja kosong akan muncul di jendela. Microsoft Excel siap untuk digunakan. Berikut adalah beberapa perintah yang paling umum dan kunci yang digunakan untuk melakukannya:

→ Up arrow: bergerak satu sel ke atas
Down arrow: bergerak satu sel ke bawah
Waktu arrow: bergerak satu sel kiri
Right arrow: bergerak satu sel kanan
PgUp: bergerak sel aktif ke atas satu layar
PgDn: sel aktif bergerak ke bawah satu layar
Home: bergerak sel aktif pada kolom A dari baris saat ini
Ctrl + Home: bergerak aktif sel ke sel A1
Ctrl + End: bergerak ke bawah, paling kanan pojok aktif worksheet
F5 (tombol fungsi): Pergi Untuk membuka kotak dialog di mana Anda dapat memasukkan alamat sel 

2. Sebutkan manfaat dari program Micosoft Excel!
Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.

3. Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak Microsoft Excel?
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

4. menu utama pada Microsoft Excel :

File
,edit,
view,
insert,
format,
tools,
data
window,
help.

5. Apa fungsi toolbar formatting?dan sebutkan ikon-ikon yang ada pada toolbar formatting beserta kegunaannya!
Toolbar Formatting, adalah toolbar yang sering kita gunakan yang berfungsi dalam hal memformat lembar kerja, apakah itu rata kiri, kanan atau rata tengah, kita juga bisa cetak tebal, miring atau bergaris bawah, semua ini adalah bagian dari proses memformat lembar kerja.

6. Apa yang dimaksud dengan cell, range, worksheet, dan workbook?
Work Sheet (lembar kerja (buku kerja))
Work book (buku kerja)
Range(sekumpulan dari beberapa sel)
Cell (perpotongan antara baris dan kolom).

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan menu bar, menu ikon, dan short cut key!
Menu Bar, berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.

8. Bagaimana cara mengubah lebar kolom yang terdiri atas lebih dari satu kolom?
Mengubah Lebar Kolom Menggunakan Mouse Mengubah lebar kolom dengan Mouse dapat dilakukan lebih cepat dibanding dengan cara diatas. Caranya seperti berikut ini ; a. Arahkan penunjuk mouse pada batas kanan dari kolom yang akan diubah, sehingga penunjuk mouse berubah bentuk menjadi panah dua arah. Jika ingin mengubah beberapa kolom, sorotlah terlebih dahulu kolom-kolom yang diubah, lalu arahkan penunjuk mouse pada kolom bagian kanan. Ingat : Penunjuk mouse diletakkan disebelah kanan huruf kolom. b. Klik dan geser penunjuk mouse tersebut kekiri atau kekanan sesuai dengan lebar kolom yang diinginkan.

9. Jelaskan langkah-langkah mengubah tinggi baris melalui menu bar!
Mengatur Tinggi Baris Untuk mengubah tinggi baris sesuai dengan kebutuhan kita, dapat dilakukan dengan cara: 1. Letakkan penunjuk sel pada baris yang akan diubah tingginya. Jika lebih dari satu baris, maka sorotlah terlebih dahulu seluruh baris yang akan diubah. 2. Pilih dan klik menu Format, Row, Height.

10. Uraikan langkah-langkah menambah baris!
Jadi kita hanya perlu membuat tabel dengan jumlah kolom yang kita inginkan dan jumlah barisnya hanya 1. Misal jumlah kolom yang kita inginkan pada tabel 3, maka insert tabel kita 3×1. Selanjutnya setelah tabel sudah ada kita tinggal mengarahkan cursor pada kolom terakhir, kemudian gunakan tombol Tab, maka baris berikutnya akan bertambah mengikuti jumlah kolom yang sudah ada. Begitu seterusnya, gunakan tombol tab, sampai jumlah baris sesuai dengan yang kita inginkan.
Jadi menambah baris tabel pada ms.word mudah dengan hanya menggunakan tab. Selamat mencoba. Juga komentar anda tentang edit atau ganti tema blog ini. Terima kasih.

11. Bagaimana cara memberi nama pada lembar kerja? Jelaskan!
Pilih dan klik menu File, Save, sehingga muncuk kotak dialog penyimpan. 2. Pada kotak Save In pilih dan klik forder tempat penyimpanan data. 3. Pada kotak isian file name ketikkan nama file dari lembar kerja yang akan disimpan. 4. Klik Save untuk menyimpan lembar kerja.

12. Jelaskan langkah-langkah menyembunyikan baris atau kolom, dan lembar kerja!
langkah-langkah menyembunyikan baris atau kolom, dan lembar kerja :
a) Pilihlah Insert dikolom tempat kita ingin menyisipkan sebuah kolom.
b)Dari menu insert,,klik Colom. Sebuah kolom yang baru akan disisipkan disebelah kiri kolom yang kita pilih.

13. Langkah-langkah penggabungan cell
Blok Sel yang akan digabung
Klik tombol toolbar merge cells. Jika ingin menggabungkan sel sekaligus mengatur posisi data menjadi center, klik merge and center. / Format-Cells –Alignment – merge cells.

14. Uraikan langkah-langkah untuk memformat data waktu !
Mengatur Tampilan Data Waktu Sama halnya dengan memasukan data tanggal, memasukan data waktu juga harus disesuaikan dengan format waktu pada windows. Untuk melihat format waktu di windows, dapat dilihat pada bagian kanan bawah dari windows. Defaultnya adalah hh:mm:ss (jam:menit:detik), misalkan kita ingin memasukkan jam 12 tepat, maka ketikkan 12:00. Untuk lebih jelas, ikuti langkah-langkah berikut ini :  Letakkan penunjuk sel diposisi yang dinginkan.  Ketikkan waktu/jam yang dinginkan, misalnya jam 2 siang lewat 25 menit dengan cara 14:25  Sorotlah sel/range tersebut untuk diubah tampilan format waktunya.  Pilih dan klik menu Format, Cell, maka kotak dialog format cell akan ditampilkan.  Pada kotak dialog tersebut, klik tab Number dan pilih Time pada daftar pilihan Category.  Pada tab Type pilih jenis tampilan waktu yang dinginkan.

15. Bagaimana langkah-langkah memformat data angka dengan mata uang? Jelaskan!
Dari tabel diatas, kita akan mengisi kolom Nama Barang dan Nilai barang berdasarkan dari tabel daftar harga barang. Kita dapat mengisi sel E15 dengan rumus =VLOOKUP(D15,$C$5:$E$9,2) dan sel F15 dengan rumus =C15*VLOOKUP(D15,$C$5:$E$9,2). Copylah rumus tersebut kebawah sampai data terakhir. Untuk menghindari kesalahan pengetikan rumus, kita dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh Excel 2001 (insert, function), dengan cara:  Klik sel E15  Pilih menu Insert dan klik Function sehingga muncul kotak dialok Paste Function.  Pada daftar Function category, klik Lookup & Reference dan pada Function name klik VLOOKUP lalu klik OK sehingga tampil kotak dialog VLOOKUP seperti berikut:

 Lookup_value diisi dengan sel kunci yang akan dibandingkan dengan tabel. Untuk contoh diatas, ketikkan D15.  Table_array diisi dengan range tabel data yang akan dibaca (tabel daftar harga barang). Ketikkan C5:E9 lalu tekan tombol F4 agar alamat sel tersebut menjadi absolut. Sehingga rumusnya menjadi $C$5:$E$9  Col_index_num diisi nomor indeks kolom yang akan dimabil datanya, dalam hal ini isi dengan 2 karena kita akan mengambil data nama barang.  Klik OK, maka hasilnya ditampilkan pada sel E15.
Copylah rumus tersebut ekbawah sampai data terakhir. Lakukan hal yang sama untuk mengisi kolom nilai barang.

16. Uraikan langkah-langkah penggabungan cell!
Langkah-langkah penggabungan cell
Blok Sel yang akan digabung
Klik tombol toolbar merge cells. Jika ingin menggabungkan sel sekaligus mengatur posisi data menjadi center, klik merge and center. / Format-Cells –Alignment – merge cells.

Semoga Bermanfaat Kawan
hehe ^^
writers : Umble

3 Tanggapan to “Tugas TIK Microsoft Excel Dan Pembahasannya”

  1. putri septa 9 Mei 2012 pada 12:31 am #

    wahhh sangat berguna sekali pembahasan nya..

  2. sinta 13 Juni 2012 pada 2:33 am #

    trimakasih sgt bergunan nih

  3. elia krisdiana 22 Februari 2013 pada 12:41 pm #

    i love this thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: